12/06/12

Cara/Langkah mudah Membuat Lukisan Cahaya (Light Painting)

Anda tentu tahu apa itu lukisan. Tapi tahukah anda tentang lukisan yang terbuat dari cahaya? dan bagaimana cara membuatnya?
Berikut ini adalah cara praktis dan mudah untuk membuat lukisan cahaya tersebut:

hey para pembaca, sekedar info nih, saya juga jual sepatu MURAH.. tapi tetep KWALITAS TOP deh.. mau liat? invite aja 75003529, ga bakal nyesel deh

1. Persiapkan peralatan memotret
Selain harus menggunakan kamera SLR, sediakan juga tripod dan cable release (remote) untuk menunjang teknik bulb saat menangkap gambar.
2. sediakan cahaya tambahan
Pada dasarnya semua banda yang dapat mengeluarkan cahaya bisa digunakan pada proses pembuatan seni lukis cahaya. Tetapi akan lebih bagus jika menggunakan senter berwarna-warni. Dengan begitu, hasilnya pun juga akan terlihat indah.
3. Atur shutter speed dan diafragma
Pilih mode bulb atau kecepatan super lambat. Pilih diafragma ukuran antara 7 sampai 14. Idealnya gunakan F 5. Pilihlah ukuran diafragma yang disesuaikan dengan tingkat kegelapan lokasi.
4. Pilih ISO serendah mungkin
Agar hasil goresan cahaya menjadi maksimal terlihat pilih ISO 100.
5. Pasang tripod dan fokuskan objek.
Aturlah jarak fokus yang disesuaikan dengan lebar frame yang digunakan untuk goresan cahaya. Bila terlalu gelap, gunakan satu sumber cahaya agar kamera bisa terfokus dengan baik.
6. Tekan shutter dan gerakkan cahaya senter
Setelah shutter ditekan, giliran si pelukis cahaya yang mengambil alih. Pada proses ini, imajinasi si pelukis dituntut lebih agar hasilnya indah dan beragam.
7. Pertegas objek dengan lampu flash dan lepas shutter
Setelah cahaya selesai dilukis, lihat hasilnya dan apakah sesuai dengan harapan. Bila tidak sesuai, anda bisa mengulanginya beberapa kali dan berkreasilah sesuai imajinasi. Selamat mencoba!!

Berikut adalah beberapa contoh lukisan cahaya:






3 komentar:

hahaha asik nih buat dicoba.

Pernah nyoba tapi gambarnya berbayang :( soalnya ga pake tripod ama kabel release hiks...

pak kalau pakai Pocket Camera,terus tidak pakai shutter release masih bisa Light Graffiti tidak?

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites