09/12/12

10 Pilihan Objek Wisata Asik untuk Anak

Liburan bareng anak akan semakin berkesan kalau dihabiskan di tempat-tempat seru. Si buah hati pasti suka liburan sambil bertualang dan mengenal alam, seperti yang ditawarkan oleh 10 tempat berikut.

Taman bermain penuh wahana seperti Dunia Fantasi atau Disneyland sudah pasti disukai anak-anak. Tapi selain itu, ada beberapa tempat di mana buah hati Anda bisa berwisata seru layaknya seorang petualang. Tempat-tempat ini menyajikan petualangan yang menyatu dengan alam. Sehingga, akan membantu anak Anda lebih dekat dengan lingkungan sekitarnya.

1. Kampoeng Maen


Bertempat di arena bumi perkemahan Cibubur, Kampoeng Maen punya tujuh lokasi untuk tujuh petualangan yang berbeda. Ada Kampoeng Permaenan, Kampoeng Keluarga, Kampoeng Tradisional, Kampoeng Rasa, Kampoeng Karya, Kampoeng Petualang, juga Kampoeng Pengetahuan.

Anak tercinta bisa memilih sendiri kesukaan mereka. Di Kampoeng Tradisional, anak Anda akan diperkenalkan dengan beragam kerajinan tradisional Indonesia. Misalnya membatik, menganyam piring lidi, membuat kreasi janur dan jumputan, dll.

Di Kampoeng Petualang, si buah hati akan diuji keberaniannya dengan beragam fasilitas outbound. Memanjat tangga dan jaring, berjalan melewati beragam rintangan, juga meluncur dari atas ketinggian. Beberapa fasilitas outbound seperti Low Rope Course, Burma Bridge, Elvis Walk, juga flying Fox yang akan membuat si buah hati bagaikan petualang sejati!

Anak perempuan pasti suka berlama-lama di Kampoeng Rasa. Di sini, mereka akan diajak membuat beragam masakan sekaligus mencicipi hasil karya mereka sendiri. Ada putu, mie, serabi, milkshake, hingga martabak yang bisa dikreasikan sesuai selera buah hati.

2. Kebun Wisata Pasirmukti




Wisata alam yang lengkap bisa Anda dapatkan di Kebun Wisata Pasirmukti. Berlokasi di Jl Raya Tajur Pasirmukti No 4, Citeureup, Bogor, tempat ini bisa dicapai hanya 45 menit dari Jakarta.

Kebun Wisata Pasirmukti punya udara yang sejuk dan pemandangan yang asri. Di sini, Anda dan buah hati bisa melakukan beragam kegiatan seru yang dekat dengan alam. Misalnya tarik tambang, tangkap belut, juga ikut membajak sawah bersama petani setempat. Seru!

Anda sekeluarga bisa menginap di Camping Ground yang punya pemandangan cantik. Di lahan hijau ini, sepanjang mata memandang adalah kebun buah, hamparan sawah, dan sungai yang berair jernih. Tenang saja, Anda tak akan kerepotan membawa anak kecil kemping bersama. Tempat ini dilengkapi fasilitas kamar mandi, tempat mencuci, dan dapur umum.

Oh ya, jangan lupa memancing bersama buah hati di kolam besarnya. Ada ikan mas, gurame, dan patin yang siap ditangkap, lalu dimasak dan dinikmati bersama. Nyam!


3. AgrifunWisata agro adalah sarana yang cocok bagi anak-anak untuk belajar tentang alam. Agrifun yang terletak di Komplek Agripark, Jl Taman Kencana No 3, Bogor, menyajikan beragam wahana untuk bermain dan belajar tentang pertanian.

Aktivitas favorit di tempat ini pastilah Fun Farming, yaitu bercocok tanam padi di sawah. Anak Anda pasti senang menanam padi sendiri, serta merasakan serunya bermain tanah berlumpur. Setelah itu, Anda bisa menemani si buah hati saat menyambangi klinik hewan. Anak Anda bisa belajar memeriksa kesehatan hewan seperti kambing, dan memberi susu kepada kambing-kambing itu. Seperti dokter, ya!

Di Mini Lab, anak-anak bisa belajar tentang hewan-hewan mungil yang hanya bisa dilihat lewat mikroskop. Jangan lupa menyambangi Rumah Yoghurt, tempat si kecil belajar cara membuat susu fermentasi itu. Agrifun buka setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB.


4. De Ranch
De Ranch sudah terkenal di kalangan para traveler, karena menyajikan wisata berkuda ala koboi. Benar sekali, di sini pengunjung bisa naik kuda sambil mengenakan kostum ala koboi Amerika. Eits, tapi bukan berarti Anda tak bisa menghabiskan waktu dengan anak tercinta di tempat ini.

De Ranch menyediakan beragam fasilitas dan wahana untuk menambah wawasan tentang kehidupan peternakan, khususnya kuda dan sapi. Bersama anak, Anda bisa mencoba serunya menunggang kuda dan delman. Selain itu ada pula olahraga panahan yang cocok untuk dewasa maupun anak-anak.

De Ranch berlokasi di Jl Maribaya No 17, Lembang, Bandung. Tempat ini buka pada Selasa-Jumat pukul 09.00-17.00 WIB, sementara akhir pekan dan hari libur pukul 08.00-18.00 WIB.


5. Vin's Berry Park
Siapa bilang wisata kebun selalu identik dengan stroberi? Buktinya, Anda bisa mendampingi si buah hati untuk mengenal beragam jenis berry di Vin's Berry Park.

Tempat yang berlokasi di Jalan Kol Masturi Atas, Lembang, Jawa Barat, ini menyuguhkan wisata kebun dengan beragam jenis tanaman. Mulai dari stroberi, raspberry, blackberry, markisa, jambu batu, jambu air, hingga nangka. Selain itu, ada pula kebun yang ditanami beragam sayuran.

Selain menyusuri indahnya kebun dan memetik sendiri hasilnya, Anda sekeluarga bisa menggunakan fasilitas outbound dan kemping. Vin's Berry Park buka mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Tiket masuknya cukup murah yaitu Rp 10.000, yang bisa ditukar dengan segelas jus berry segar!



6. Jendela Alam
Lokasi: Jl. Sersan Bajuri Km. 4,5 Ledeng, Lembang, Bandung
Telp. (022) 278 8482, 278 8513, 695 972 68
Website :  http://www.jendela-alam.com

Fasilitas: Menawarkan rekreasi alam yang bisa menjadi sarana belajar bagi balita. Ada peternakan dan perkebunan di daerah pegunungan yang sejuk dan nyaman. Selain bisa mengenal berbagai jenis binatang, di peternakan balita juga bisa melakukan berbagai aktifitas menyenangkan. Seperti, menunggang kuda poni, mengambil telur langsung dari kandang ayam, dan melihat cara memerah susu sapi dan kambing. Sementara itu dibagian perkebunan, bersama seorang pemandu, Anda bisa mengajak balita memetik stroberi, tomat ceri dan sayuran. Setelah dipetik, hasil panen bisa dinikmati langsung lho. Misalnya, untuk stoberi Anda bisa membawanya ke kantin untuk dibuat jus. Menyenangkan sekali bukan?
Tiket
Tiket masuk          : Rp. 6.000,00.
Paket personal                   
Mamam Yooook  : Rp. 6.000,00./kegiatan
Petik Cantik          : Rp. 6.000,00./kegiatan
Kidz Adventure    : Rp. 10.000,00.
Paket kelompok :
Rahasia Kuda     : Rp. 50.000,00.
Rahasia Telur     : Rp. 50.000,00.
Rahasia Kelinci  : Rp. 50.000,00         
Waktu Buka : Senin – Minggu  pukul  09.00 – 16.00 WIB

Tips:
  • Kenakan pakaian yang nyaman agar si kecil bebas bergerak.
  • Alas kaki yang nyaman.
  • Oleskan krem anti nyamuk.
  • Baju ganti .
  • Snack dan minum. Untuk makan siang, Jendela Alam menyediakan kantin dengan menu 'akrab' seperti ayam goreng dan kentang goreng. 
  • Saat mengunjungi ternak, jangan sampai si kecil dipatuk ayam.
  • Sehabis hujan, tanah-tanah di pinggir jalan setapak bisa membuat anak tergelincir.
7. Museum Geologi
Lokasi : Jl. Dipenogoro 57, Bandung 40122
Telp. (022) 721 3822
website: museum.grdc.esdm.go.id
Fasilitas: Meskipun namanya museum Geologi yang dipenuhi oleh benda-benda zaman purbakala, namun bisa menjadi pilihan tempat rekreasi yang menyenangkan untuk balita. Museum yang dekat dengan Gedung Sate ini, baru saja direnovasi sehingga jauh dari kesan kuno dan menyeramkan. Anda dapat menemukan berbagai kerangka binatang purba. Seperti, Tyrannosaurus RexRhinoceros Sandaicus (badak jawa),Coelacanth Menadoensis(ikan purba) atau Geochelone Atlas (kura-kura raksasa). Bentuknya yang sangat besar akan membuat balita takjub. Belum lagi, melihat kerangka-kerangka manusia zaman purba yang usianya sudah 5.600-9.500 tahun. Selain itu, ada sudut peragaan gunung berapi yang dilengkapi dengan replika gunung berapi serta gambar-gambar gunung berapi mulai 'beraksi.'
Tiket : Gratis
Waktu Buka
Senin – Kamis   : 09.00 – 15.30 WIB
Sabtu – Minggu  : 09.00 – 13.30 WIB
Tips:
  • Mengunjungi museum ini, ada peraturan yang harus ditaati: mengisi buku tamu di pintu utama,dilarang membawa tas dan jaket di ruang peragaan museum, dilarang makan, minum, dan merokok di dalam gedung museum, dilarang memegang, mencoret-coret, merusak, dan mengambil koleksi museum, dilarang mengabadikan dengan kamera/video, kecuali dengan izin petugas.
  • Kenakan balita pakaian yang hangat dan nyaman karena jaket tidak boleh dibawa masuk, sedangkan AC cukup dingin di dalam museum.
  • Isi dulu perut balita, karena Anda tidak diijinkan membawa makan/minum selama di dalam.
  • Perhatikan gerak-gerik balita, cegah ia bila tangannya mulai ingin memegangkerangka. Bisa-bisa dia tertimpa tulang belulang bila ditarik ataudidorong terlalu kuat.
8. Taman Budaya
Lokasi: Jl. Bukit Dago Selatan No. 53 A, Bandung
Telp. (022) 250 4912
Fasilitas: Di wilayah bekas Dago Tea Houseini, Anda bisa mengenalkan balita dengan kesenian Jawa Barat seperti tari Merak, tari Jaipong, gamelan Sunda, teater, grup vokal, silat dan wayang golek.Konsep pertunjukan out door  yang digelar setiap Sabtu sore akanmenambah kesegaran. Anda dan balita dapat menikmati pertunjukan kesenian Jawa Barat dengan latar belakang panorama kota Bandung. Sambil menonton, Anda bebas membawa bekal camilan. Disediakan juga kafetaria atau gerobak jajanan di pintu masuk. Disiang hari, biasanya arena Taman Budaya dipakai untuk anak-anak belajar menari. Anda dan balita juga diperbolehkan ikut belajar menari bersama para pelatih dari mahasiswa atau alumni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.
Tiket  : Gratis
Waktu Buka
Pagelaran Setiap Sabtu : 16.00 WIB
Tips:
Jaket atau sweater.
Kamera atau vidio untuk mengabadikan polah si kecil selama nonton pertunjukan.
Minyak kayu putih bila anak mulai kedinginan dengan udara malam.
Mintabalita duduk disamping Anda. Jangan biarkan dia 'merambah' ke pinggiratau atas panggung, karena dapat mengganggu pertunjukan

9. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution
Lokasi:Jl. Belitung No. I, Bandung
Telp. (022) 420 1667
Fasilitas:
Memasuki pintu masuk Taman Lalu Lintas, Anda sudah disuguhi bermacam-macam rambu lalu lintas. Arena bermain anak seperti ayunan, perosotan, patung binatang (gajah, jerapah) yang bisa ditunggangi pun ikut menyambut. Tapi, kurang puas jika Anda hanya mengajak balita bermain di arena itu. Coba melangkah lagi, Anda akan temukan:
  • Pintu kereta api mini. Dilengkapi  stasiun, kereta api mini dan masinis. Dengan membayar Rp. 3.000,00. Anda dan balita bisa berkeliling Taman Lalu Lintas dengan kereta api.
  • Area sepeda. Anda dan balita bisa menyewa sepeda miniyang sudah disediakan, ada sepeda roda dua dan roda empat. Bila balitaAnda baru dalam tahap sepeda roda tiga, petugas memperbolehkan Anda untuk membawa sepeda sendiri. Di area ini anak dapat belajar mengenal rambu-rambu lalu lintas. Arena sepeda mini ini dibuat serupa jalan raya. Ada jembatan, lorong, jalan menanjak, jalan menurun, jalan berbelok, dan pertigaan.
  • Taman lalu lintas. Ada pak Polisi bertugas di tempat ini, yang siap mengajar anak-anak dan pengunjung tentang santun berkendaraan dan tertib di jalan raya. Coba saja minta anak untuk bertanya cara menyeberang jalan yang aman. Pak Polisi pasti langsung membantu.
Tiket: Hari Biasa      :Rp. 4000,00/hari
           Minggu/Libur  : Rp 5.000,00
Waktu Buka:
Senin – Kamis                         : 08.00 – 14.00 WIB
Sabtu – Minggu / Hari Libur   : 08.00 – 16.00 WIB
Tips:
  • Kenakan balita dengan pakaian yang nyaman dan bebas bergerak.
  • Alas kaki yang nyaman.
  • Bawa snack dan minuman, karena kantin letaknya di dekat pintu masuk.
  • Baju ganti bila anak berkeringat.
  • Peralatan keamanan bersepeda: helm, pelindung siku dan lutut. 
  • Topi bila cuaca panas.
  • Dampingi balita saat naik kereta api karena tidak ada pendamping di setiap gerbong kereta.
  • Minta balita untuk tidak ngebut di arena sepeda, bisa-bisa dia menabrak pengendara lain.
 10. Saung Angklung Udjo
Lokasi: Jl. Padasuka 118, Bandung 40192
Telp. (022) 727 1714, 710 1736
Website: www.angklung-udjo.co.id
Fasilitas: Tempat ini dibuat oleh Alm. Udjo Ngalagena, seniman Sunda, untuk melestarikan kesenian Sunda. 
  • Penampilan tari dan musik anak-anak Saung Angklung Udjo dapat Anda saksikan setiap hari   pukul 16.00, sebagai pagelaran regular. Selain melihat pertunjukkan, balita bisa mengenal dan mencoba memainkan alat-alat musik seperti angklung, seruling, dan arumba. Dan menariknya lagi, Anda dan balita bisa melihat proses pembuatan angklung. 
  • Enggrang, permainan daerah Sunda, melengkapi halaman luas Saung Angklung Udjo. Anda dan balita boleh mencobanya, dan anak-anak Saung dengan senang hati akan mengajarkanya. Bila lelah, ada saung-saung atau gubuk-gubuk untuk bersantai sambil menikmati makan siang yang juga bisa Anda pesan di menu pilihan Saung Angklung.
  • Toko suvenir menyediakan berbagai jenis barang khas Sunda, berbahan bambu. Ada gangsing, klonogan yaitu hiasan rumah yang berbunyi bila tertiup angin, seruling, dan angklung. 
Tikel Pertunjukan
Turis lokal       : Rp. 50.000,00
Turis asing     : Rp. 80.000,00
Waktu Buka: Setiap hari pukul 08.00 – 19.00 WIB
Tips: 
  • Kenakan   pakaian yang nyaman 
  • Alas kaki yang nyaman.
  • Oleskan krem anti nyamuk.
  • Baju ganti untuk anak.
  • Jaket/sweater 
  • Makanan bayi, untuk anak yang sudah besar disediakan menu makanan Sunda dan camilan.
  • Lapanganyang luas menggoda si kecil untuk berlari-lari. Beberapa sisi, terdapat sungai buatan sebagai penghubung antar saung dan jembatan terbuat dari bambu. Perhatikan balita agar tidak terpeleset atau tercebur.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites